Berakhir 7 Juli 2015

Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara Budidaya Ikan Arwana –  Ikan hias arwana adalah salah satu ikan hias yang begitu diminati banyak orang.Walaupun sama sekali bukan kerabat si “Tukul Arwana” namun ada satu kesamaan yang dimiliki mereka berdua, sama-sama terkenal dan juga langka. Ciri khasnya yang mempunyai warna yang begitu mempesona  menjadikannya primadona.
Cara+Budidaya+Ikan+Arwana Cara Budidaya Ikan Arwana
Tidak cuma sebagai hewan pajangan, ikan arwana oleh sebagian kalangan juga dipercaya membawa hoki bagi yang memeliharanya. Ikan hias arwana termasuk ke dalam satwa yang dilindungi oleh undang-undang mempunyai begitu banyak jenis di penjuru dunia. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis ikan arwana yang diantaranya berhasil dibudidayakan dengan baik. Jenis-jenis ikan hias arwana itu adalah sebagai berikut :

1. Ikan Arwana Super Red

Indonesia adalah satu dari negara yang mempunyai jenis-jenis ikan arwana yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. salah satunya adalah ikan arwana super red yang melimpah ditemukan di  perairan pulau Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat. Ikan arwana super red mempunyai beberapa jenis diantaranya ikan arwana merah darah (blood red fish), ikan arwana merah cabai (chili red fish), ikan arwana merah oranye (orange red fish) dan ikan arwana purple red. Secara umum ikan arwana super red mempunyai warna merah pada ekor, sirip, dayung juga sungut bahkan ketika masih kecil. Warna merah pada badannya nampak ketika ikan arwana berumur sekitar 3 – 4 tahun.

Ikan Arwana Super Red

2. Ikan Golden Arwana

ikan Golden Arwana ini banyak ditemukan di sekitar perairan Sumatera yaitu di provinsi Riau. Ikan arwana jenis ini jika didasarkan pada warna dasarnya mempunyai 3 warna dasar yaitu dari blue base colour, green base colour dan gold base colour. Kebanyakan para hobiis menganggap ikan golden arwana ini mempunyai kekurangan yaitu warna sisik pada umumnya tidak dapat melewati punggungnya dan cuma sampai pada tingkatan sisik keempat (dihitung mulai dari bawah badan ke atas).

3. Ikan Jardini Arwana

Ikan arwana ini mempunyai warna dasar yaitu hitam kecoklatan dengan bintik-bintik warna kuning keemasan di bagian tengah sisik-sisiknya, juga di bagian kepala sampai sirip serta ekor juga dijumpai bintik-bintik tersebut. Ikan Jardini Arwana  ditemukan di Irian sehingga sering disebut ikan arwana irian. Ikan Jardini Arwana terbagi 2 macam,ikan dengan warna dasar gelap yaitu scleropqges jardini dan warna dasar terang yaitu scleropqges leichharti.

Ikan Arwana umumnya dibudidayakan di akuarium atau kolam. Kualitas media air yang terjaga dengan baik adalah harga mati dalam budidaya ikan arwana ini. PH atau tingkat keasaman air untuk budidaya ikan arwana sesungguhnya mempunyai kisaran yang lebar namun disarankan untuk memudahkan budidayanya PH air disamakan dengan PH air pada habitat aslinya yaitu kisaran PH 6,8 – 7,5 dengan kisaran suhu 27 – 29 C. Penggantian media air untuk tetap terjaganya kualitas air, diganti 30 – 34 % dari total volume dengan air bebas klorin. Pemberian makanan ikan arwana harus lah bervariasi dengan tetap mengandung kadar protein tinggi.

Jenis pakan untuk induk  ikan arwana dapat berupa ikan/udang rucah plus pellet dengan kandungan protein 32 %. Makanan ikan arwana ini diberikan setiap hari dengan patokan maksimal 2% dari berat total tubuhnya.

Demikian Artikel tentang Cara Budidaya Ikan Arwana

Apa Komentarmu ?

Cara Budidaya Ikan Arwana | Duasatu.Web.id | 4.5 | 213 Views