Jurusan Bagi Calon CPNS 2013 dan Tips Lulus Jadi CPNS

Category : Info Terbaru

Jurusan Bagi Calon CPNS 2013 dan Tips Lulus Jadi CPNS – Pada Postingan Kali ini Duasatu.Web.id Kembali Sajikan Informasi dan Artikel Terbaru Khusus Buat Sobat Netter semua yakninya tentang Jurusan Bagi Calon CPNS 2013 dan Tips Lulus Jadi CPNS, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Langsung Saja Lihat Artikel Selengkapnya dibawah ini.


Jurusan CPNS 2013 – Pemerintah menyiapkan 60 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah pada 2013 ini. Sebanyak 40 ribu lowongan di antaranya dibuka untuk daerah, sementara sisanya sebanyak 20 ribu untuk instansi pemerintah pusat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menjelaskan, formasi ini tidak dibuka untuk semua jabatan, hanya jabatan-jabatan tertentu yang boleh direkrut pada 2013 ini.

Adapun tenaga kerja tersebut, yakni tenaga untuk pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi.

“Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung, dan lain-lain,” ujar Azwar, seperti dikutip dari situs Setkab, Jumat (22/2/2013).

Sementara untuk pemerintah pusat, yang diprioritaskan adalah guru (guru kelas dan guru produktif), dosen (eksakta dan teknik), jabatan-jabatan penegak hukum, jabatan yang menjadi pelaksana utama (core business) fungsi instansi, dan jabatan yang diperlukan untuk memenuhi standar internasional.

Dia menambahkan, meskipun kebijakan moratorium CPNS sudah berakhir, bukan berarti pemerintah daerah dapat serta merta merekrut CPNS sebanyak-banyaknya. Ia mengemukakan, pada 2013 ini pemerintah tetap menerapkan kebijakan zero growth menuju minus growth.

“Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai lima tahun ke depan,” ujar Azwar.

Bagi calon pelamar CPNS 2013 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2013 nanti. Karena seperti tahun 2012 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2013 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?


Jadi kunci agar dapat lulus tes CPNS adalah: 1.Persiapan, kemudian 2. Persiapan dan ketiga adalah Persiapan.

1. Persiapan Administrasi; Persiapkan dari jauh hari persyaratan administrasi yang dipersyaratkan, mulai dari kartu kuning, ijasah dilegalisir, photo sekian kali sekian, Tes Kesehatan, Tes Bebas Narkoba, dsb. Persiapkan semua administrasi ini jauh-jauh hari sebelum tes, sehingga waktu tidak banyak tersita untuk menguruskan hal ini, apalagi kalau misalnya ikut tes di Bandung sedangkan kuliahnya di Sulawesi, dan tinggal di Sumatera; legalisir ijasah ke Sulawesi, membuat Kartu Kuning di Sumatera, kemudian tes di Bandung.

2. Persiapan Latihan Soal; Percuma ikut tes CPNS sudah keluar biaya untuk persiapan administrasi tapi tanpa persiapan latihan soal! Hasilnya pasti NOL BESAR!

Memang masih banyak cerita miring yang mengatakan kalau tidak punya keluarga kerabat dekat atau pegangan orang dalam akan sangat sulit untuk jadi PNS, itupun saya alami ketika pertama masuk kerja jadi PNS, kebanyakan PNS lama menanyakan ke saya; “punya relasi/saudara siapa bisa masuk jadi PNS?”, bingung dan heran juga menjawabnya 🙂 mungkin karena kebiasaan lama maka begitulah. Tapi nampaknya kebiasaan itu sudah mulai ditinggalkan, pada kenyataannya banyak PNS yang tanpa keluar uang untuk nyogok dan tanpa relasipun (tanpa KKN) bisa lulus dan masuk jadi PNS. Jadi intinya PERSIAPAN!!!

Soal bahasa indonesia dari tahun ke tahun tidak banyak mengalami perubahan, mulai dari beberapa point soal EYD, tata bahasa, bacaan, dan sastra. Begitu pula Tata Negara, masih itu-itu juga, UUD 45, pancasila, paling tambahannya tentang update otonomi/peraturan daerah,pemilu, dsb. Makanya baca soal-soal minimal dari 10 tahun ke belakang, akan kelihatan bagaimana pola soalnya.

Psikotes, satu prinsip yang harus dipegang adalah, apabila kita banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes, maka kita akan dapat bersaing dengan orang yang lebih pintar dari kita, bahkan nilainya lebih tinggi dari orang pintar tapi tidak pernah berlatih soal Psikotes. Dari pengalaman pribadi ; ternyata memang soal psikotes itu nga susah amat sih, apalagi kalau sudah banyak latihan soal, dijamin IQ-nya bisa meningkat!

Soal ujian kompetensi, tentunya sudah ada modal selama kuliah atau bekerja untuk hal ini. Namun satu hal yang penting adalah; pelajari keilmuan pada bidang keahlian yang sedang tren pada saat ini, misalkan pada saat saya tes untuk Geodesi, ternyata soalnya banyak mengenai pemograman komputer untuk aplikasi Geodesi (SIG/Sistem Informasi Geografis), inilah yang dinamakan rejeki, selama 5 tahun bekerja di bidang itu, babat habislah 🙂

3. Kalau sudah melakukan persiapan no. 1 dan no.2 persiapkanlah lahir dan bathin untuk menjadi PNS, karena dunia PNS itu ternyata sangat jauh berbeda dengan dunia kerja di swasta. Sangat berbeda sekali… seperti benang kusut untuk membahasnya, namun kalau di runut, inti permasalahannya adalah; 1. Rekrutmen yang KKN (jaman dulu), 2. Kesejahteraan yang Kurang 3. Mismanajemen

Ketiga hal ini saling terkait satu sama lain dari Rekrumen yang KKN menghasilkan SDM yang kurang maksimal, dari SDM yang kurang maksimal ini penghargaan terhadap profesi PNS menghasilkan kesejahteraan yang kurang memadai dan dari dua hal itu munculkan mis manajemen dalam segala segi, teknis, non teknis, motivasi, kompetensi, perencanaan, dsb tidak dapat tertata dengan baik, mau merubah??!! Saya mendingan jawab: NO Comment. Namun masalahnya tidak sesederhana dan sesempit ini. Pada intinya persiapkanlah diri untuk menjadi Abdi Masyarakat dan Abdi Negara dengan bekerja sebaik mungkin dengan kondisi bagaimanapun di manapun nanti ditempatkan.

Semoga bermanfaat..

[ Sumber ]

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih telah membaca artikel Dengan Judul “Jurusan Bagi Calon CPNS 2013 dan Tips Lulus Jadi CPNS”

Sponsored Ad

Related Posts