Lowongan CPNS: Buruan Daftar, Ada 60.000 Tempat di 36 Lembaga Negara

Category : Info Terbaru
Sponsored Ad
Berakhir 19 Februari 2017

Lowongan CPNS: Buruan Daftar, Ada 60.000 Tempat di 36 Lembaga Negara – Pada Postingan Kali ini Duasatu.Web.id Kembali Sajikan Informasi dan Artikel Terbaru Khusus Buat Sobat Netter semua yakninya tentang Lowongan CPNS: Buruan Daftar, Ada 60.000 Tempat di 36 Lembaga Negara, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Langsung Saja Lihat Artikel Selengkapnya dibawah ini.

Sponsored Ad


Lowongan CPNS 2013 – Sebanyak 36 lembaga negara telah membuka lowongan CPNS sekitar 60.000 pegawai untuk tahun 2013.

Namun, seperti biasanya tes CPNS masih sering menuai tudingan miring, misalnya isu KKN, suap, hingga tambal sulam. Pendeknya, kalau tidak punya banyak duit dan kenalan, mana bisa menjadi ‘Abdi Negara’? 

Namun, jangan khawatir. Kali ini ada jaminan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar. 

Dia menegaskan bahwa pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah untuk memilih putra/putri terbaik bangsa yang kompeten, profesional, jujur, bertanggung jawab, dan netral.

Karena itu, pengadaan CPNS harus dilakukan secara kompetitif, adil, obyektif, transparan, dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta tidak dipungut biaya.

Penegasan tersebut disampaikan Menteri Azwar Abubabakar melalui Surat Edaran Nomor: B/22154/M-PAN-RV/7/2013 tertanggal 3 Juli 2013 yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah.

Dalam surat edaran itu, Menteri PAN-RB juga menyebutkan, sebagai bagian dari Program Percepatan Reformasi Birokrasi di bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, Sistem Pengadaan CPNS harus bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat/generasi muda, bahwa untuk dapat menjadi CPNS hanya ditentukan oleh kemampuan diri sendiri.

Seperti dilansir pengumuman-cpns.com, lembaga negara yang membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) antara lain:

1. Arsip Nasional RI (ANRI)

2. Lembaga Administrasi Negara (LAN)

3. Badan Kepegawaian Negara (BKN)

4. Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS)

5. Badan Pusat Statistik (BPS)

6. Badan Inteljen Negara (BIN)

7. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

8. Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN)

9. Badan Informasi Geospasial (BIG)

10. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

11. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

12. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

13. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

14. Badan Pertanahan Nasional (BPN)

15. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)

16. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

17. Badan Nasionala Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)

18. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

19. Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

20. Badan SAR Nasional

21. Badan Narkotika Nasional (BNN)

22. Badan Standarisasi Nasional (BSN)

23. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

24. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN)

25. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI (BNPT)

26. Kejaksaan Agung

27. Sekretariat Kabinet

28. Sekretariat Jenderal BPK

29. Sekretariat Jenderal DPR

30. Sekretariat Mahkamah Agung

31. Sekretariat Mahkamah Konstitusi

32. Sekretariat Komisi Yudisial

33. Sekretariat Komisi Nasional HAM

34. Sekretariat KPU

35. Badan Koordinasi Keamanan Laut (BAKORKAMLA)

36. PPATK

Selanjutnya, materi resmi soal ujian seleksi CPNS 2013 akan terdiri dari: 
1) Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari: 
a) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); 
b) Tes Intelegensi Umum (TIU); 
c) Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

2) Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk formasi tertentu. 
** TKB hanya pada formasi tertentu, tidak semua formasi. 

Pelaksanaan Seleksi CPNS 2013 :
– Sistem ujian CAT diberlakukan hanya pada 12 Kantor regional BKN (Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura (dalam proses). – Adapun daerah selainnya masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer.

Mengenai sistem pengadaan CPNS Tahun 2013 ini, soal Tes Kempotensi Dasar akan disusun oleh Panitia Pengadaan CPNS Nasional yang dibantu oleh Tim Ahli dari Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Adapun pengolahan hasil Tes Kompetensi Dasar dilakukan oleh Panitia Pengadaan CPNS yang dibantu oleh Tim Ahli dari Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar telah menerima master soal tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) untuk ujian CPNS tahun 2013, yang disusun oleh konsorsium 10 perguruan tinggi negeri.

Penyerahan master soal yang dilakukan di Kementerian PAN-RB, Senin (19/8), dihadiri oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS antara lain dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kemendikbud, Puspendik, BKN, BPPT, BIN, dan konsorsium PTN.

Master soal tersebut kemudian oleh Menteri PANRB diserahkan kepada Tim dari Puspendik untuk diverifikasi dan divalidasi untuk keakuratan dan kelayanakan.

Dalam kesempatan tersebut Azwar Abubakar selaku ketua tim pengarah Panselnas pengadaanCPNS mengapresiasi tim konsorsium karena telah membantu Tim Panselnas dalam menyusun soal tes CPNS tahun 2013.

Jadi, kamu yang ingin tahu lowongan CPNS di lembaga negara mana saja, silakan akses daftar alamat situs yang bersangkutan. Semoga beruntung. (pengumuman-cpns.com)

[ Sumber ]

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih telah membaca artikel Dengan Judul “Lowongan CPNS: Buruan Daftar, Ada 60.000 Tempat di 36 Lembaga Negara”

Sponsored Ad

Related Posts